Acara syukuran sekaligus penyerahan anugerah MURI kepada CPFI sebagai penyelenggara pelatihan penguatan pendidikan karakter secara bersambung kepada guru terbanyak dalam program BPG, Jombang (11/7).
POULTRY INDONESIA, JOMBANG—Program Bakti Pada Guru (BPG) yang dilaksanakan oleh PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk. (CPI), melalui Charoen Pokphand Foundation Indonesia (CPFI), rupanya mendapatkan perhatian dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Puncaknya, pihak MURI memberikan anugerah pada CPFI sebagai penyelenggara pelatihan penguatan pendidikan karakter secara bersambung kepada guru terbanyak. Hingga saat ini tercatat 1.091 guru SD dan SMP di berbagai daerah telah mengikuti pelatihan pendidikan karakter tersebut.
Penyerahan anugerah dalam bentuk piagam dilakukan oleh Yusuf Ngadri, Senior Manager MURI, kepada DR. HC. Thomas Effendy. SE., M.B.A, selaku ketua umum CPFI, di Aula Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur (11/7), yang bertepatan dengan pelaksanaan BPG di wilayah Jombang. Selain itu, dalam acara ini juga berlangsung syukuran atas tercapainya target 1.000 guru. Acara syukuran ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh ketua umum CPFI.
Penyerahan anugerah MURI untuk program Bakti Pada Guru.
Thomas menjelaskan bahwa program ini adalah bagian dari corporate social responsibility (CSR), yang dibentuk secara berkesinambungan. Selama ini, CSR yang dilakukan sebagian besar memang menyasar bidang pendidikan, mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), sampai perguruan tinggi.
Diharapkan setelah mengikuti program ini para guru mendapatkan pembekalan dan pelatihan metode terkini yang dapat diaplikasikan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Tujuannya untuk membangun karakter positif siswa dan siswi di sekolahnya masing-masing, sehingga dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia.
“Kalau program ini bagus, maka ke depan kita minta tim kita untuk kembali lagi khusus untuk anak-anak SD dan SMP. Nantinya ada masa evaluasi dengan tim yang akan memberikan semacam pekerjaan rumah, kemudian setelah itu akan dievaluasi, apakah ada peningkatan dan sebagainya,” jelas Thomas.
Baca juga: CPI Gelar Bazaar Ramadhan dan Bakti Sosial
Program ini merupakan pelatihan penguatan pendidikan karakter yang bekerja sama dengan Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro (UNDIP), Semarang. Sampai dengan Juni 2018 telah dilaksanakan di 13 tempat, yang tersebar di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Nusa Tenggara. Acara yang berlangsung di Jombang, berlangsung selama 2 hari yaitu 11 – 12 Juli 2018. Acara ini diikuti oleh 110 guru.
Kusnadi, yang mewakili pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, mengungkapkan bahwa pihaknya sangat senang dengan program yang dijalankan oleh CPFI ini dan berharap ke depan ada program serupa yang dikhususkan untuk pondok pesantren. Yafi