Mewakili NC State CVM, Dean Paul Lunn (kiri) dan Zone Director for Latin America Ceva Animal Health, Jean-Charles Tissot (kanan). (Foto: John Joyner / NC State Veterinary Medicine)
 
POULTRY INDONESIA – North Carolina (NC) State College of Veterinary Medicine (CVM) dan Ceva Animal Health berkolaborasi dalam sebuah program pembelajaran jarak jauh yang memberikan sertifikasi dalam manajemen kesehatan unggas untuk dokter hewan di Amerika Latin.
“Ini adalah kesempatan yang bagus bagi perguruan tinggi untuk meningkatkan keterampilan melalui pelatihan bagi dokter hewan yang diharapkan dapat membuat perubahan di bidang ketahanan pangan (food security), yang menjadi masalah global,” kata perwakilan CVM Dean Paul Lunn.
Sementara itu, Jean-Charles Tissot, Zone Director for Latin America Ceva Animal Health, mengungkapkan apresiasinya atas keterbukaan dari perguruan tinggi terhadap kerja sama ini. “Program ini menjadi pionir yang akan memberikan dampak pada isu-isu global dengan cara yang bertanggung jawab, baik secara sosial maupun etika,” ujar Jean-Charles Tissor dalam acara peresmian kerja sama antara kedua belah pihak, di North Carolina, Amerika (1/2).
Program pembelajaran selama 18 bulan ini mencakup materi kursus online dan on-site component, kemudian ditutup dengan sesi pembelajaran selama dua minggu di CVM. Fakultas CVM bersama Ceva yang akan mengembangkan konten pembelajaran tersebut.
Ceva dan NC State merancang program ini dan memberikan sertifikat Specialist in Poultry Medicine (SPM) untuk memberikan keleluasaan bagi dokter hewan yang bekerja untuk melanjutkan pelatihan tambahan, mengetahui update pengetahuan terbaru, sekaligus menjaga tanggung jawab profesional mereka.