POULTRYINDONESIA, Pandeglang – Selasa (25/12), Charoen Pokphand Indonesia melalui lembaga CSR-nya Charoen Pokphand Foundation memberikan bantuan untuk korban tsunami Selat Sunda, Pandeglang dan Lampung yang terjadi akibat erupsi Gunung Anak Krakatau pada Sabtu malam lalu (22/12).
Diketahui daerah terdampak tsunami yang mengalami kerusakan paling parah adalah Kabupaten Pandeglang yang meliputi pemukiman pesisir Labuan, Teluk Lada, Panimbang serta kawasan wisata sepanjang pantai Tanjung Lesung, dan Carita. Hingga saat ini data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB, 24/12) menyatakan bahwa selain kerusakan infrastruktur, bencana ini telah menelan korban jiwa yakni 229 orang meninggal, 408 orang hilang, 720 orang luka-luka dan 4.411 orang mengungsi.
“Bantuan yang diberikan berupa 2.000 dus air mineral Frozen dan 1.130 dus sosis siap saji yang merupakan produksi Charoen Pokphand Group”, ungkap Rukhiyat perwakilan CP Foundation. Dengan bantuan ini harapannya dapat membantu sedikitnya duka para korban yang terdampak bencana tsunami.
Penyerahan bantuan dilakukan di 2 tempat yakni di posko utama Labuan dan juga secara simbolis diserahkan langsung kepada Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita, S.E., M.M., bertempat di Pendopo Pandeglang. “Kami atas nama pemerintah Kabupaten Pandeglang mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan, bantuan ini pastinya akan sangat bermanfaat bagi para korban. ” ungkap Irna.

Lebih lanjut Irna mengungkapkan kejadian bencana ini menjadi evaluasi bersama bagaimana BMKG harus lebih siap untuk peringatan dini terhadap kejadian-kejadian alam dalam kondisi negara yang rawan bencana dan masyarakat juga harus siaga terhadap bencana. “Kita harus meniru negara Jepang yg merupakan negara rawan bencana tapi semua pihak siap apabila terjadi hal-hal seperti ini”, tambah Irna.
Dalam proses penyerahan ini hadir pula Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang, Asep Rahmat beserta perwakilan dari Charoen Pokphand Group.

Rencananya dalam waktu dekat, bantuan untuk para korban tsunami tidak hanya air mineral kemasan dan sosis siap saji, namun juga makanan pokok lainnya. Serta atas permintaan Bupati Pandeglang bahwa saat ini sangat diperlukan kendaraan operasional untuk proses penyaluran bantuan ke titik-titik posko pengungsian, Tim CPI berencana akan memberikan bantuan berupa mobil operasional dan alat berat berupa 1 unit excavator untuk mempermudah proses evakuasi di pemukiman dan infrastruktur yang mengalami kerusakan.