Festival Ayam Pelung Nasional yang diadakan kembali di kampus IPB Dramaga Bogor
POULTRYINDONESIA, Jakarta – Dalam rangka melestarikan kekayaan ayam lokal Indonesia, Himpunan Mahasiswa Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan (Himaproter) IPB berkolaborasi dengan Agrisymphony IPB serta Himpunan Peternak dan Penggemar Ayam Pelung Nusantara (HIPPAPN) menyelenggarakan kegiatan seminar dan penjurian yang merupakan rangkaian dari acara Festival Ayam Pelung Nasional (FAPN) 2018. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Bogor (15/9) dengan tema “Pesona dan Keindahan Ayam Lokal Indonesia”.
Acara ini pun bertujuan untuk mengenalkan jenis-jenis ayam lokal Indonesia yang harus dilestarikan dan dijaga keturunannya. Kontes ayam pelung bertujuan untuk melestarikan plasma nutfah Indonesia yang sangat identik dengan suara, bobot, serta penampilan yang bagus, yaitu Ayam Pelung. Acara ini dihadiri oleh peserta yang terdaftar sebanyak 219 peserta, berasal dari berbagai wilayah di pulau Jawa dan Sumatera yang dibagi menjadi 5 sesi penjurian kontes Ayam Pelung.
Baca Juga : Langkah Mudah Meningkatkan Produktivitas Ayam Lokal
Penilaian dikelompokkan menjadi kategori suara, performa, dan bobot ayam. Acara ini dihadiri pula oleh Wakil Dekan bidang Sumberdaya Kerja Sama dan Pengembangan Fakultas Peternakan IPB, Dr. Rudi Afnan, S.Pt, M.Sc.Agr, dan beserta dosen Fakultas Peternakan IPB. Selain acara utama kontes ayam pelung, terdapat acara Pameran Ayam Hias. Pameran ini dihadiri oleh beberapa komunitas ayam hias yang didatangkan dari regional Bogor, Cianjur, Tangerang dan Jakarta. Pameran ayam hias ini dilakukan untuk mengenalkan berbagi jenis ayam hias, dimulai dari ayam Ekor Panjang, ayam Sebright, ayam Bekisar dan ayam Bantam Cochin.
Ada pula lomba fotografi dalam acara FAPN. Masing – masing peserta ditantang untuk mengambil gambar ayam pelung serta ayam ekor panjang yang sedang dikonteskan pada saat acara dimulai. Hal ini dilakukan agar meningkatkan minat para fotografer untuk menjadikan ayam pelung dan ayam ekor panjang sebagai objek pemotretannya.
Artikel ini merupakan artikel lengkap yang telah dimuat di Majalah Poultry Indonesia Edisi Oktober 2018 di halaman 40 dengan judul “Fapet IPB Adakan Kembali Festival Ayam Pelung Nasional”. Untuk berlangganan atau informasi lebih lanjut silahkan mengirim email ke: sirkulasi@poultryindonesia.com atau hubungi 021-62318153