Memasuki usia 10 tahun yang tepatnya jatuh pada 6 Oktober 2018, Novindo merayakannya bersama para pelanggan dengan mengadakan makan malam yang berlangsung di Hotel Mercure Alam Sutera – Tangerang pada 10 Oktober 2018. Acara ini dihadiri oleh Dewan Komisaris PT Novindo Agritech Hutama, manajemen Novindo, perwakilan principal Novindo, tamu kehormatan yaitu Wakil Dewan Penasehat ASOHI drh. Rahmat Nuriyanto, perwakilan partner dan supplier, perwakilan distributor dan customer, serta para kolega dan karyawan Novindo Group.
Seremonial ulang tahun ke-10 Novindo ditandai dengan tiup lilin dan pemotongan kue ulang tahun oleh dewan direksi dan manajemen Novindo yang dilanjutkan dengan makan malam bersama. Pada perayaan ulang tahunnya kali ini dimeriahkan dengan berbagai hiburan menarik, seperti penampilan grup musik hingga pembagian door prize kepada para tamu undangan. Melalui acara ini, Novindo juga memberikan buket bunga kepada para perwakilan supplier dan customer yang hadir pada acara tersebut sebagai salah satu ungkapan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan pelanggan kepada Novindo. Acara Gathering Night ulang tahun ke-10 Novindo merupakan wujud dari ucapan syukur atas kesempatan yang diberikan selama 10 tahun ini kepada Novindo untuk berkiprah di industri obat hewan Indonesia.
Para tamu undangan mulai dari perwakilan principal, customer hingga kolega Novindo.
Tiup lilin sekaligus pemotongan kue dalam perayaan 10 tahun Novindo.
“Tidak terasa 10 tahun berjalan, perjalanan sangat singkat, tapi selama itu kita dapat banyak hal-hal positif dan juga tantangannya tidak kalah banyak, mulai dari karyawan 10 orang dan sekarang kita pada posisi lebih dari 40 orang,” ungkap drh. Irawati Fari, Presiden Direktur PT Novindo Agritech Hutama yang juga merupakan salah satu founder Novindo dalam sambutannya. Di usia yang masih terbilang muda, Novindo masih harus terus bertumbuh dan berkembang, sehingga dukungan dari principal, supplier, distributor, dan customer sangat diharapkan.
Ric Lee, Strategy & Operations Director Asia Pacific Elanco Animal Health mewakili Elanco juga turut memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada Novindo yang telah memasuki usia baru. “Di Novindo saya bertemu dengan orang-orang profesional yang memiliki passion terhadap apa yang mereka lakukan. Saya sangat mengapresiasi hal itu,” ujarnya. Ia juga mengharapkan kerja sama yang sudah terjalin akan semakin baik dan bersama-sama memberikan yang terbaik untuk industri peternakan khususnya di Indonesia.
Novindo juga berbagi kebahagiaan dalam perayaan ulang tahunnya dengan memberikan bantuan untuk mendukung proses pendidikan kepada salah satu sekolah dan para petugas kebersihan lingkungan di area dimana Novindo beroperasi.
Tingkatkan kualitas produk dan pelayanan
Perjalanan Novindo sejak awal hadir di Indonesia hingga saat ini bukanlah perjalanan yang mudah. Diawali dengan adanya global project dari perusahaan Novartis Animal Health pada September 2008 yang menghasilkan keputusan untuk melakukan perubahan bisnis model di beberapa negara, sehingga beberapa Divisi Obat hewan harus ditutup, termasuk Indonesia. Pimpinan Divisi Obat Hewan saat itu mengajukan proposal perubahan bisnis model melalui MBO (Management Buy Out) dan disetujui oleh pihak global Novartis. Melalui MBO, maka bisnis Obat Hewan Novartis ditransfer ke perusahaan baru yang dibentuk oleh beberapa karyawan Novartis Animal Health Indonesia saat itu. Perusahaan baru tersebut dinamakan PT Novindo Agritech Hutama (Novindo). Enam orang yang merupakan founder Novindo, yaitu drh. Irawati Fari dan drh. Forlin Tinora Siregar, beserta empat orang lainnya yang juga sangat kompeten dan berpengalaman di bidangnya, yaitu Ir. Joko Raharjo, drh. Hananto PT Bantoro, Ir. Imam Akbarudin, dan drh. Ketut Sukadrana.
Dalam prosesnya menjadi perusahaan mandiri, Novindo menghadapi banyak tantangan. Namun, dengan tim yang kuat serta bermodalkan pengalaman yang mumpuni dalam industri ini, Novindo bisa menjalani dan menghadapi tantangan itu hingga mampu mencapai usia 10 tahun. Rekam perjalanan Novindo tersebut pun dirangkum dalam video yang ditampilkan pada perayaan ulang tahun Novindo ke-10.
Sebagai salah satu perusahaan lokal asal Indonesia, Novindo berkomitmen untuk menjadi perusahaan distribusi yang profesional dalam bisnis kesehatan hewan, untuk membantu kehidupan hewan melalui penyediaan produk yang efektif dan dapat diandalkan, dan untuk melindungi dan meningkatkan kesehatan hewan. Kepuasan pelanggan sangat penting dalam mendorong Novindo untuk maju. Tujuan Novindo adalah untuk memenuhi standar kualitas, profesionalisme dan integritas tertinggi, dan menjadi mitra pilihan bagi para supplier maupun customer. Sejalan dengan tagline Novindo yaitu terus bertumbuh sebagai perusahaan di industri kesehatan hewan yang innovative, committed, comply, dan trusted.
Untuk tumbuh lebih cepat dalam bisnis, pada bulan Agustus 2010, Novindo mendirikan perusahaan yang diberi nama PT Dwimitra Agritech Hutama. Dwimitra dibangun untuk mendistribusikan beberapa produk Novindo dan untuk memperluas bisnis ke segmen-segmen potensial seperti higiene publik hingga budidaya perairan. Dwimitra juga menyediakan produk untuk mengoptimalkan pelaksanaan program biosekuriti. Novindo juga berencana akan membangun pabrik obat hewan yang berlokasi di area Kawasan Industri Sentul, Jawa Barat untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada pelanggan.