Stan Bredson di pameran Indo Livestock 2018.
Bisnis perunggasan menghadapi beragam tantangan zaman. Masyarakat kian menuntut produk unggas yang aman, sehat, tanpa melupakan kualitas fisik produk tersebut. Sementara kondisi iklim yang tak menentu dan tantangan penyakit unggas menjelma sebagai kendala yang tak bisa dipandang sebelah mata. Oleh karena itu, modernisasi peralatan budi daya unggas menjadi salah satu cara yang bisa ditempuh. Dengan adanya modernisasi, para peternak bisa terus berproduksi secara efektif dan efisien demi terwujudnya hasil yang memuaskan.
PT Charoen Pokphand Indonesia-Poultry Equipment (CPI-PE) telah siap menghadapi segala tantangan tersebut. Melalui Bredson dan beberapa supplier seperti Facco, Agrologic, Portacool dan L.B. White, pelanggan akan senantiasa didampingi dalam mengarungi tantangan bisnis dan mencapai kesuksesan bersama. Sebagai upaya menampilkan ragam teknologi mutakhir dan mempererat kedekatan dengan pelanggan, PT CPI-PE pun ikut serta dalam penyelenggaraan Indo Livestock Expo & Forum 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), pada 4-6 Juli. Stan PT CPI-PE tampak selalu ramai dengan ragam dekorasi seperti maket-maket kandang dan peralatan budi daya modern.
General Manager Marketing PT CPI-PE, Antoni, mengatakan bahwa momen ini sangat baik bagi peningkatan kerja sama dengan para pelanggan. “Kami ingin komunikasi semakin dekat agar segala persoalan bisa teratasi. Kami fokus membantu peternak dalam meraih kesuksesan,” ujarnya. Antoni juga mengatakan bahwa hubungan antara pihaknya dan pelanggan tak lekang oleh waktu. Pelanggan telah dianggap sebagai rekan dalam menggapai sukses bersama. Oleh karena itu, mendukung pelanggan adalah sebuah hal mendasar yang terus dijaga.
Peluncuran Bredson Smart Farming
Ardiansyah Gunawan (kedua dari kiri) dan Antoni (kanan) bersama dengan pelanggan.
Salah satu inovasi Bredson yang diperkenalkan pada pameran Indo Livestock adalah Bredson Smart Farming. Inovasi ini berbentuk sebuah aplikasi digital yang bisa digunakan oleh pelanggan kapan saja dan di mana saja. Melalui aplikasi ini, pelanggan dapat memperoleh informasi tentang profil Bredson serta katalog yang berisi berbagai produk dari Bredson. Produk tersebut meliputi kebutuhan peternakan broiler, closed house system, dan peralatan budidaya farm lainnya.
Tidak hanya itu, fitur lain akan membantu pelanggan dalam melaporkan kendala di peternakan. Misalnya, menu Customer Area. Pada menu ini pelanggan dapat mengakses kontak teknisi Bredson yang berada di berbagai daerah. Selain itu, memungkinkan pelanggan untuk meminta bantuan kepada pihak Bredson untuk layanan maintenance atau servis. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Play Store.
Partisipasi seminar
Menurut Antoni, saat ini waktu yang dimiliki pelanggan kian terbatas mengingat perkembangan farm yang dimiliki semakin besar dan tersebar di banyak area. Oleh karena itu aplikasi ini hadir agar Bredson bisa memberi bantuan setiap waktu. “Sekarang bisnis peternakan bisa terus terpantau melalui smartphone. Hal ini membuat kami menjadi fully support,” jelasnya.
Sementara itu, Direktur PT CPI-PE Ardiansyah Gunawan menyebut peluncuran aplikasi ini merupakan sebuah langkah maju dalam bisnis perunggasan di era modern. “Ini adalah perpaduan industri perunggasan dengan teknologi terkini. Hal ini sesuai dengan perkembangan zaman. Bisa dikatakan bahwa teknologi yang kami miliki ini adalah pionir di Indonesia. Saya berharap komunikasi dan hubungan dengan customer lebih terjaga dan menjadi lebih baik,” ungkapnya.
Pada peluncuran aplikasi Bredson Smart Farming, turut pula ikut serta pelanggan setia PT CPI-PE, yakni PT Pangan Sarana Niaga dan Agus Suwarna selaku peternak. Saat dijumpai seusai peluncuran aplikasi, Agus memberikan apresiasi setinggi-tingginya bagi PT CPI-PE, dalam hal ini Bredson, yang terus berinovasi bersama peternak. “Saya sangat mendukung dan sangat bangga dengan kemajuan teknologi dan aplikasi yang telah dicanangkan. Saya optimis ke depannya kualitas produksi akan bertambah baik,” ujar Agus.
Agus menambahkan, dengan aplikasi ini, dirinya berharap permasalahan yang ada di kandang bisa teratasi dengan cepat. Sebab menurutnya, closed house membutuhkan penanganan yang gesit demi lancarnya proses produksi. “Ini telah sesuai dengan tuntutan zaman. Sekali lagi, saya bangga dengan kinerja Pak Antoni dan rekan-rekan,” jelasnya.
Penyedia produk berkualitas
Ragam peralatan yang tersedia dari supplier ternama membuat PT CPI-PE selalu menjadi pilihan utama. Upaya memupuk kepercayaan bagi pelanggan pun senantiasa dilakukan sebaik mungkin. Pada pameran Indo Livestock 2018, PT CPI-PE mengadakan sebuah seminar presentasi produk yang diisi oleh Director, Media Sales Portacool Lonny Watson, yang didampingi oleh Production Manager, Jimmy Wong. Portacool merupakan perusahaan spesialis alat sirkulasi udara ternama asal Amerika Serikat. Pada kesempatan ini, produk yang diperkenalkan adalah Kuul® Evaporative Media.
Alat tersebut merupakan komponen penting dalam pengoperasian closed house. Menurut Jimmy Wong, alat produksi Portacool memiliki keunggulan signifikan pada efisiensi energi. “Semakin besar tekanan yang diberikan, semakin besar pula tenaga elektrik yang dibutuhkan. Kuul® Evaporative Media mampu memberi tekanan udara yang stabil dengan cost produksi yang hemat,” ujarnya pada seminar yang dipandu oleh Dr. Desianto B. Utomo. Alat ini pun dinilai memiliki bentuk yang sangat presisi dan aerodinamik.
Salah satu technical presentation persembahan Portacool di ajang Indo Livestock 2018 yang dimoderatori oleh Desianto B. Utomo.
Sementara itu, Lonny Watson mengemukakan alasan mengapa Portacool layak menjadi mitra para peternak yang ingin mendapat keuntungan optimal. Menurutnya, ada empat keunggulan utama yang patut menjadi pertimbangan peternak. Pertama, kualitas yang dapat diandalkan. Produk yang tercipta merupakan buah tangan para insinyur berpengalaman di Amerika Serikat, dengan bahan baku terbaik dan ramah lingkungan. Kedua, ketersediaan produk dan suku cadang yang mampu menjangkau berbagai negara secara cepat. Ketiga, servis yang memuaskan bagi para pelanggan dengan ragam solusi tepat. Keempat, integritas perusahaan yang sudah tak diragukan lagi. “Portacool menjunjung tinggi komitmen keselamatan dan pertanggungjawaban atas setiap produk yang dijual,” ujar Lonny Watson dalam seminar tersebut.
PT CPI-PE dengan segala produk berkualitas yang ditawarkan senantiasa menggagas mutu bagi para pelanggan. Menjalin kerja sama dengan PT CPI-PE berarti siap melangkah maju demi kesuksesan bersama. Beragam tantangan yang datang silih berganti dapat teratasi dengan inovasi yang terus teruji dari waktu ke waktu. Bersama PT CPI-PE, pelanggan adalah partner yang sangat berharga. “Kita anggap customer adalah teman untuk seumur hidup,” tandas Antoni.