Japfa Comfeed melepas ekspor perdana produk pakan ternak ke Timor Leste
POULTRYINDONESIA,  Sidoarjo – PT Japfa Comfeed Indonesia melakukan ekspor perdananya ke Republik Demokratik Timor Leste (12/9) di Gedung PT Japfa Comfeed Indonesia lt 2, Sidoarjo, Jawa Timur. Japfa melepaskan pakan ternaknya sebesar 40 ton dari total proyeksi 1.000 ton sampai akhir tahun. Lokasi pertama ekspor Japfa yaitu Happy Farm, Timor Leste.
Melihat kembali rekam jejak kerjasama Indonesia-Timor Leste di bidang peternakan, kerjasama ini terjalin setelah ditandatanganinya Technical Agreement oleh Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan kedua belah negara pada 19 April 2018.
Acara pelepasan ekspor dibuka oleh sambutan dari Rachmat Indrajaya selaku Corporate Affair Director PT Japfa. Ia mengatakan bahwa pelepasan ekspor perdana ini menjadi suatu kebanggan tersendiri bagi Japfa, selain itu ekspor ternak ini sebagai langkah Japfa untuk memperluas pasar ke pasar internasional. “Sesuai dengan komitment Japfa untuk mendukung pemerintah dalam upaya mendongkrak pendapatan devisa negara melalui akselerasi ekspor,” jelasnya.
Ia menambahkan bahwa rencananya, setelah melepaskan ekspor pakan ternak ayam, PT Japfa akan melepaskan Day Old Chick (DOC) broiler maupun layer, karkas ayam broiler, dan produk olahannya.
Dr. Ir. Musyaffak Fauzi SH, M.Si selaku Kepala Badan Karantina Pertanian Surabaya menyampaikan bahwa langkah ekspor yang dilakukan Japfa perlu diberikan apresiasi dan didukung penuh. “Kami akan lakukan apapun untuk peningkatan ekspor dan devisa,” pukasnya.
Rangkaian sambutan ditutup oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M.Hum. Ia menyatakan bahwa dalam persaingan bisnis internasional maka diperlukan peningkatan kualitas dan profesionalisme usaha. Ia mendesak seluruh pemerintah daerah dapat memasarkan hasil dalam negeri ke pasar Internasional serta dengan adanya ekspor ini dapat berkontribusi untuk perekonomian Sidoarjo
Acara dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat kesehatan atau Health Sertificate (HC) secara simbolis diberikan Badan Karantina Pertanian Sidoarjo kepada PT Japfa serta Adi Setiadi perwakilan dari Happy Farm dan pelepasan simbolis truk kontainer yang membawa pakan menuju Timor Leste. Esti