Rider Perez Maldonado (kiri) dan Kostas Stamatopoulos (kanan)
Harga bahan baku dasar pakan dunia yang menyusun sebagian besar pakan ternak mengalami kenaikan secara cepat. Bungkil kedelai (Soya Bean Meal/SBM) merupakan contoh bahan baku yang mengalami kenaikan dengan berbagai alasan (kondisi politik, iklim, dan pemanenan). Oleh karena itu, sekarang adalah saat yang tepat untuk mempertimbangkan solusi alternatif pengganti SBM dan bahkan dapat menghemat biaya pakan.
Salah satu solusinya adalah dengan penambahan protease seperti RONOZYME® ProAct, yang dapat menghidrolisis protein dari bahan baku utama pakan, melengkapi protease endogenous dalam saluran pancernaan ternak. RONOZYME® ProAct, melepaskan lebih banyak peptida dan asam amino bebas yang mudah tercerna sehingga tersedia bagi hewan dan hal ini dapat mengurangi (sampai dengan 10%) pemberian SBM dalam pakan non-ruminansia.
DSM mengembangkan RONOZYME® ProAct Nutrient Matrix Web-Calculator, sehingga dapat membuat aplikasi protease lebih mudah. Penghitungan matrix nutrisi dapat digunakan untuk mengoptimalkan ransum ternak dan dengan cara ini, pemberian RONOZYME® ProAct tidak akan menambah biaya ransum, sebaliknya dapat menciptakan penghematan biaya yang besar.
Selain itu, RONOZYME® ProAct dapat memberikan biaya penghematan pakan dan peningkatan nilai asam amino “sederhana” serta kecernaan protein:
• Mendegradasi faktor anti-nutrisi dalam SBM, seperti Trypsin Inhibitor (Kunitz, Bowman Birk, lectins) dan Antigenic Protein (seperti B-conglycinin).
• Meningkatkan kesehatan pencernaan melalui pengurangan aliran protein endogenous dan meningkatkan mucin serta integritas usus.
• Mengurangi ekskresi ammonia, sehingga menghasilkan kualitas litter yang lebih baik, ayam yang lebih bersih, lebih sedikit masalah dengan lesi footpad, luka bakar/gores (broiler) dan didapatkan telur yang lebih bersih (layer).
• Mengurangi variabilitas nilai nutrisi pada bahan baku pakan, karena bahan baku dengan kualitas rendah akan lebih baik dalam merespon pemberian RONOZYME® ProAct dalam pakan.
Keuntungan ini dapat diperluas untuk semua spesies ternak (induk layer, unggas breeder, bebek, babi, aquatic). Technical Team DSM lokal dan regional bersedia untuk membantu Anda dalam setiap tahapan aplikasi RONOZYME® ProAct.
Dr. Rider Perez Maldonado merupakan Technical Marketing Manager, DSM Nutritional Products Asia Pacific dan Kostas Stamatopoulos merupakan Regional Technical Manager – Enzymes, DSM Nutritional Products Asia Pacific.