T5X SD atasi kontaminasi Mikotoksin

Indonesia sebagai negara beriklim tropis memiliki kelembaban udara yang tinggi. Oleh karenanya, keanekaragaman hayati dapat berkembang dengan baik di Indonesia. Tidak hanya tumbuhan, mikroorganisme lainnya dapat berkembang biak dengan baik pada iklim tropis ini, seperti fungi yang sering kali menjadi musuh bagi para peternak karena bahan baku pakan yang dihasilkan dapat terkontaminasi mikotoksin yang diproduksi oleh satu atau beberapa spesies fungi yang menyebabkan multi-kontaminasi dan dapat memberikan masalah zooteknik dengan atau tanpa efek klinis.

Berkesempatan hadir di Indonesia, Francisco Pinto selaku T5X Business Development Manager Wisium, memperkenalkan T5X SD sebagai anti mikotoksin, dan PURlite sebagai Litter Conditioner. Dua buah produk gawangan Wisium ini dapat mengatasi kontaminasi mikotoksin dan memberikan kenyamanan bagi ternak.

Keberadaan Mikotoksin
Pakan menjadi lebih rentan terhadap mikotoksin sangat terpengaruhi oleh kondisi iklim, suhu, kondisi panen, dan kondisi penyimpanan pakan yang tidak baik. Dalam kebanyakan kasus, kontaminasi mikotoksin tidak kasat mata, serta terdistribusi secara tidak merata, tidak berbau dan tidak berwarna. Keberadaan mikotoksin tidak dapat dicurigai dan dideteksi dengan inspeksi visual saja, untuk melihat keberadaan kontaminasi dapat dikonfirmasi melalui analisis pada bahan baku pakan. Keberadaan mikotoksin dapat terlihat jika dilakukan analisa secara menyeluruh.

T5X SD sebagai toxin binder mengatasi Mikotoksin

Menurut Willyam selaku Business Development Manager Wisium Indonesia, “Untuk mendeteksi keberadaan mikotoksin pada pakan secara visual itu sangat sulit karena partikelnya sangat kecil sekali, harus mempergunakan alat bantu analisa khusus. Mikotoksin berbeda dengan fungi. Jika kita memperhatikan jagung yang sudah terkontaminasi fungi, dapat dengan mudah kita menunjukan bahwa jagung itu terkontaminasi. Namun berbeda dengan mikotoksin, nyaris tidak terlihat. Bisa saja jagung yang bersih namun ternyata sudah terkontaminasi mikotoksin,” ujarnya.

Mikotoksin merupakan metabolit sekunder yang dihasilkan oleh spesies fungi tertentu yang mengkontaminasi bahan pakan ataupun ransum. Francisco mengungkapkan “Kondisi cuaca sangat berpengaruh pada reproduksi fungi, ini akan mempermudah fungi berreproduksi dan akan memulai produksi Mikotoksin,” jelasnya.

Maka dari itu, untuk mengatasi kontaminasi Mikotoksin penggunaan T5X SD dapat digunakan sebagai toxin binder, dan T5X SD memiliki keunggulan untuk membantu menstimulasi hewan dengan 3 buah cara yang berbeda dengan produk lainnya. Diantaranya dengan mengikat untuk menangkap racun, meningkatkan produksi enzim detoksifikasi, dan dapat menstimulasi sistem metabolisme.

Analisis yang tepat
Kontaminasi Mikotoksin pada bahan baku dapat terjadi mulai dari lading (pada saat panen) hingga dalam masa penyimpanan. Maka dari itu, diperlukan analisis yang tepat untuk mengetahui tingkat kontaminasi pada bahan pakan. Ada beberapa faktor kunci keberhasilan dalam menganalisa kontaminasi Mikotoksin. Pertama, penggunaan sampel bahan baku yang digunakan untuk mengetahui kontaminasi secara menyeluruh. Faktor kedua adalah metode pengambilan sampel untuk mendapatkan sampel representatif untuk mewakili bahan baku keseluruhan. Faktor kunci ketiga adalah memiliki solusi analitik yang tepat, dengan menggunakan analisis kimia yang cepat dan lengkap.

Hal tersebut tercakup dalam servis yang diberikan oleh Wisium termasuk pada perencanaan quality control, dengan dilakukannya pemetaan terhadap tingkat kontaminasi bahan baku dengan supplier bahan baku secara berkala dan terukur dengan menggunakan platform analitical Raptor yang telah terintegrasi untuk proses analisis bahan baku modern. Francisco mengatakan “Penggunaan teknologi sudah digunakan untuk mendukung analisa yang digunakan Wisium, mikotoksin dapat dengan mudah kita analisis melalui fasilitas laboratorium UpScience. UpScience merupakan laboratorium yang reliable, independent, serta transparan dan bisa dipercaya. UpScience dapat melakukan berbagai analisa di antaranya kalibrasi NIR, audit laboratorium untuk pelanggan, service control plant bahan baku, analisa proksimat, vitamin, asam lemak, semua analisis untuk mineral, logam berat, mikotoksin, residu pestisida, serta tes homogenitas,” pungkasnya.

UpScience merupakan laboratorium analis reliable dan independent

Selain itu, banyak lagi teknologi yang ditawarkan oleh Wisium khususnya untuk produk T5X. Wisium memberikan kemudahan pelayanan bagi para pelanggan, dengan pemanfaatan teknologi dalam industri 4.0 ini. Wisium menghadirkan aplikasi mobile bernama Mycowatch yang dapat digunakan dengan mudah melalui gadget atau handphone dan dapat diunduh melalui sistem operasi IOS dan Android. T5X merupakan produk yang dimiliki Wisium yang nyaris sempurna untuk menjaga performance ternak, melalui inovasi dan keahlian yang dikemas untuk mengatasi mikotoksin.

Kenyamanan bagi ternak
Biosecurity dan kebersihan kandang menjadi perhatian khusus dalam mengoptimalkan pengendalian resiko kesehatan dalam peternakan. Selama bertahun- tahun, Wisium mengembangkan PURlite. Sebagai litter conditioner dengan bahan baku nabati dan mineral yang bersifat menyerap, membersihkan dan non iritasi. PURlite memainkan peran utama dalam pengelolaan kondisi kandang dengan mengatasi kelembaban pada litter, mengikat amonia dan memperlambat laju pertumbuhan bakteri agar tetap nyaman bagi ternak
Keunggulan lainnya, PURlite dapat digunakan untuk berbagai jenis hewan ternak seperti Babi, Ruminansia, Unggas, Kelinci dan Kuda. Tentu dengan banyaknya ternak yang dapat menggunakan produk ini, menjadikan PURlite sebagai solusi untuk memudahkan peternak agar dapat menciptakan lingkungan yang nyaman bagi ternak. Pemberian PURlite pada unggas, digunakan sebelum penggunaan litter baru. Hal ini dapat mencegah lecet pada bagian dada dan lesi pada bantalan kaki unggas. Pada ruminansia, dapat mengurangi resiko mastitis dan kepincangan. Memberikan kekuatan vital bagi anak babi yang baru dilahirkan.

Wisium perkenalkan PURlite sebagai litter conditioner bagi ternak

Fransisco menjelaskan lebih detail manfaat PURlite untuk babi. Produk ini dapat langsung digunakan untuk babi yang baru saja lahir, dengan cara dibalurkan ke kulitnya. PURlite tidak akan merusak kulit babi karena tidak mengandung bahan berbahaya. Penting untuk segera mengeringkan anak babi setelah lahir agar suhu tubuhnya menjadi hangat. Dengan baluran PURlite anak babi dapat terhindar dari stres karena turunnya suhu tubuh secara bertahap/hipotermia sehingga dapat lebih cepat mengakses colostrum induknya. Colostrum sebagai asupan nutrisi pertama sangat berguna untuk menjaga vitalitas anak babi. Adv