Pameran SPACE yang selalu menarik perhatian stakeholder peternakan dunia (Foto : PI_Adam)
POULTRY INDONESIA, Rennes – Pameran peternakan akbar di Prancis, SPACE, terselenggara dengan meriah dan menghadirkan banyak inovasi terbaru. Kegiatan yang berlangsung pada 11-14 September 2018 di Parc Expo Rennes itu sukses menggaet animo pengunjung sebanyak 108.000. Mereka berbondong-bondong menyambangi 1.440 exhibitor yang telah siap menyajikan ragam produk terbaiknya. 
SPACE yang tak pernah sepi peminat dari tahun ke tahun juga berhasil menarik perhatian Menteri Pertanian Prancis Stéphane Travert. Ia sengaja datang untuk mengetahui inovasi apa saja yang bisa terus dimanfaatkan demi perkembangan industri peternakan Prancis. Selain itu, ia juga ingin berdiskusi dengan para pengunjung dan exhibitor untuk menciptakan iklim bisnis yang lebih baik. “Saya mengetahui tantangan di sektor agrobisnis. Saya datang kemari untuk berdialog dan membangun solusi bersama,” ujarnya.
Baca juga : Space 2017, Ajang Temu Teknologi dan Pelaku Industri Peternakan Global
Sementara itu, Exhibition Manager SPACE Anne Marie Quèmenèr, menjelaskan bahwa pihaknya terus melakukan penyempurnaan di berbagai sektor agar membuat SPACE tetap menjadi agenda penting dan menarik bagi insan peternakan lokal dan global. “Ambisi kami adalah membuat merek SPACE hidup sepanjang tahun, untuk mengembangkan sektor peternakan dan mempromosikan pengetahuan tentang Breton (masyarakat Brittany) di Prancis dan di luar negeri,” imbuhnya.
Upaya Anne dan timnya pun tak sia-sia. SPACE menjadi semakin inovatif dengan ragam terobosan yang dimiliki. Berbeda dengan pameran peternakan pada umumnya, SPACE membuat para pengunjung lebih dekat dengan apa yang diminati. Beberapa program unggulan SPACE antara lain exhibitor yang lengkap dan variatif dan berbagai negara, pameran hewan ternak unggulan, kontes hewan ternak, ratusan seminar, program Farm Visit, fasilitas bisnis internasional, hingga ragam inovasi mutakhir yang termuat dalam program Espace for the Future dan Innov’Space.
Baca Juga : 
Tren Budi Daya Cage Free di Berbagai Belahan Dunia
Kritik Untuk Telur Cage Free
Seorang pengunjung asal Korea Selatan, Mark Jung, mengatakan bahwa SPACE menjadi momen yang baik untuk memperluas jaringan kerja sama internasional. “Saya mendapat beberapa kesempatan kerja sama di sini. Saya akan terus menjajaki kemungkinan kerja sama ini setelah kembali ke Korea,” ungkap pria yang berkecimpung di sektor kesehatan hewan tersebut.
SPACE selalu konsisten menyajikan inovasi peternakan terbaru setiap tahunnya. Pada penyelenggaraan kali ini misalnya, terdapat berbagai alat peternakan robotik yang ditampilkan. SPACE meyakini dengan adanya konsep peternakan masa depan yang ditawarkan tersebut mampu meningkatkan kualitas produksi peternakan dan kecukupan pangan dunia. Hal itu sesuai dengan tema program penghasil inovasi terbaik, Espace for the Future, yakni “Innovation to Improve Working Condition”.
 
Artikel lengkap tentang SPACE ke-32 dapat dibaca pada majalah Poultry Indonesia Edisi Oktober dan November 2018. Untuk berlangganan atau informasi lebih lanjut silahkan mengirim email ke: sirkulasi@poultryindonesia.com atau hubungi 021-62318153