Prospek pertumbuhan unggas lokal semakin terlihat dengan semakin banyaknya komunitas unggas lokal di tengah-tengah masyarakat
POULTRYINDONESIA, Bogor – Perkumpulan Peternak Cemani Indonesia (Pertemani) menggelar kontes ayam cemani atau Black Indonesia Cemani Contest 2019 di Festival Oriental, Harvest City, Cileungsi, Bogor, Minggu (31/3). acara ini merupakan kontes pertama yang digelar asosiasi ini secara mandiri.
Acara yang sekaligus sebagai moment untuk meresmikan Pertemani tersebut dibuka oleh Gungun Gunara selaku Kasie Sumber Daya Genetik Hewan, Kementerian Pertanian RI. Menurut Tarmudi, selaku Ketua Umum Pertemani yang kami temui disela-sela acara menjelaskan bahwa ia ingin ayam hobi ini dikenal dan dicintai oleh masyarakat kita. “Dimulai dengan kontes ini, saya dan kami semua yang tergabung dalam Pertemani ingin mengenalkan ayam hobi ini, terutama ayam cemani, agar ayam khas negara kita ini tidak habis dimakan zaman,” jelas laki-laki yang akrab disapa Mudie ini.
Baca Juga : Peluang Bisnis Ayam Cemani
Dalam acara tersebut, pengunjung tidak hanya disajikan dengan pertunjukan beberapa macam ayam cemani, disana juga nampak adanya stand display yang mempertunjukkan beberapa ayam hias lainnya seperti ayam ketawa, ayam poland, serta ayam ekor panjang. Tidak hanya melihat, pengunjung yang hadir bisa foto bersama, serta bisa berdiskusi atau sekadar tanya jawab kepada para pecinta ayam yang hadir di sana. Bagi pengunjung yang tertarik pada ayam yang dipamerkan, mereka bisa membelinya untuk dipelihara di rumah.