Pelepasan ekspor perdana produk nugget ayam PT Belfoods Indonesia oleh Menteri Perdagangan.
POULTRY INDONESIA, Bogor – Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, melakukan pelepasan ekspor perdana produk nugget ayam ke Jepang milik salah satu perusahaan makanan olahan berbasis unggas, PT Belfoods Indonesia yang merupakan anak perusahaan PT Sierad Produce. Belfoods menjadi perusahaan pertama yang melakukan ekspor nugget ayam ke Jepang.
“Hal ini diharapkan menjadi awal yang baik untuk mulai memajukan industri ayam olahan Indonesia ke pasar internasional. Jika produk nugget ayam Indonesia dapat masuk ke Jepang, nantinya akan lebih mudah untuk masuk ke negara lain,” ujar Enggartiasto pada acara pelepasan ekspor perdana produk nugget ayam Belfoods yang berlangsung di Pabrik Belfoods, Jonggol, Jawa Barat (22/3).
Enggartiasto melanjutkan, pelepasan ekspor perdana sebanyak 6 ton nugget ayam Belfoods ke Jepang ini menjadi tonggak sejarah bagi Indonesia yang menandai pencapaian pengembangan pasar di luar negeri. Terlebih lagi, Jepang terkenal sangat ketat mengenai standar kualitas suatu produk.
Jepang dipilih sebagai negara tujuan ekspor karena potensi pasarnya yang sangat besar. Konsumsi produk makanan olahan berbasis unggas di Jepang mencapai USD 2 miliar per tahun. “Indonesia memiliki peluang pasar yang sangat besar di Jepang jika dapat menjaga konsistensi mutu dan efisiensi sehingga dapat bersaing dengan produk-produk dari negara lain,” tegas Enggartiasto.
Sementara itu, Tommy Watimena, CEO PT Sierad Produce, Tbk. optimis bahwa produk Belfoods dapat diterima mengingat sebelumnya Belfoods telah melakukan serangkaian tes pasar di Jepang. “Belfoods akan tetap fokus pada pasar dalam negeri dan akan terus mempertahankan kualitas mutu sesuai standar ekspor sehingga pasar ekspor bisa berkembang pesat,” ungkap Tommy.