Analisis untuk memastikan kualitas dan keamanan pakan atau bahan pakan merupakan salah satu upaya penting untuk mendukung produksi peternakan yang lebih baik. Informasi hasil analisis yang andal sangat bermanfaat dalam pengambilan keputusan yang tepat dalam kegiatan produksi peternakan.
Sesuatu yang berbeda ditawarkan oleh UpScience, perusahaan asal Prancis yang menyediakan jasa analytical laboratories untuk mendukung industri pakan dan makanan serta environmental analysis. Melalui global analytical solution, UpScience mendukung pelanggan di setiap tahap proses produksi peternakan, mulai dari memastikan keamanan, kontrol, hingga optimalisasi.
Selama berkiprah lebih dari 60 tahun, UpScience telah menganalisis mencapai 2 juta analisis dengan lebih dari 300 profesional untuk membantu para pelanggan di berbagai negara serta memiliki 6 laboratorium terakreditasi yang telah hadir di Prancis, Brasil, Italia, Vietnam, dan China.
Laboratorium analisis UpScience dilengkapi dengan teknologi mumpuni dan research and development (R&D) yang kuat untuk mengembangkan solusi terstandarisasi atau yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang berubah-ubah serta untuk memenuhi tantangan market saat ini, seperti keamanan pangan, peningkatan kualitas, hingga permintaan analisis yang lebih cepat. Pengembangan analisis yang dilakukan UpScience disesuaikan dengan perkembangan zaman maupun lokasi atau negara tertentu, dengan jaminan keandalan hasil melalui metodologi homogen dan kegiatan analisis yang menerapkan standar internasional.
Aktivitas analisis yang dilakukan UpScience telah mengantongi akreditasi yang berlaku (ISO 17 025, COFRAC, ACCREDIA, EMBRAPA, CNAS, VILAS/Bureau of Accreditation Vietnam). Selain itu, sertifikasi yang juga telah diperoleh UpScience meliputi akreditasi Ensaios NBR ISO/IEC 17025 CRL 0631 dan ACCRED.
Hasil yang dapat diandalkan
Dengan pengalaman dalam menyediakan pelayanan analisis dan konsultasi untuk industri pakan dan makanan di Eropa, kini UpScience juga hadir di Asia. Salah satunya, laboratorium UpScience di Vietnam yang menerima berbagai sampel dari para pelanggannya di wilayah Asia Tenggara.
Laboratorium UpScience Vietnam juga sudah dilengkapi dengan teknologi mumpuni dan telah melakukan kerja sama dengan berbagai pihak termasuk pemerintah Vietnam dalam pengembangan teknologi analisis. UpScience Vietnam tidak hanya memberikan pengujian dengan akurasi tinggi, tetapi juga menawarkan solusi lengkap yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan market.
UpScience Lab Vietnam–terintegrasi dengan lab Prancis–memberikan pelayanan analisis bagi negara-negara di Asia Tenggara.
“Inovasi yang kami ciptakan, kami juga sesuaikan dengan kebutuhan pelanggan,” ungkap Renaud Le Bouquin, Asia Laboratories Development Manager UpScience, dalam kesempatan wawancara dengan Poultry Indonesia di Jakarta beberapa waktu lalu. UpScience menghadirkan nilai-nilai inovasi sekaligus kedekatan dengan pelanggan, sehingga memposisikan UpScience sebagai perusahaan yang memiliki nilai lebih untuk ditawarkan.
Spesifikasi analisis yang disediakan oleh UpScience, beberapa diantaranya analisis amino acids, vitamins, mineral, oils and fats, grains, dan lain-lain serta menyediakan pelayanan NIR prediction, quality inspection, R&D, dan konsultansi untuk memberikan solusi sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
Sebagai contoh, analisis NIR yang dilakukan UpScience menarik perhatian banyak pelanggan dan telah digunakan di berbagai negara. Dengan metode yang kuat dan andal dapat melakukan kontrol produksi real-time dan pemeriksaan cepat pada area penerimaan bahan baku. Pada tahun 2017, UpScience Vietnam berhasil mendapatkan akreditasi metode NIR di bawah ISO 17025 mengikuti pendekatan standar ISO 12099: 2017, untuk menjamin kualitas proses dan keandalan data. Dengan demikian, hal tersebut mampu membantu sektor pakan untuk meningkatkan efisiensinya.
Servis kalibrasi NIR dari UpScience.
Di Indonesia sendiri, UpScience telah mencatatkan portfolio-nya dan hingga saat ini telah mengerjakan berbagai proyek di sejumlah daerah. Evialis dan Wisium (bagian dari Neovia Indonesia) merupakan beberapa perusahaan yang bekerja sama dengan UpScience untuk memberikan pelayanan analisis pakan kepada industri peternakan Indonesia.
Stefani Harianja, Head of Technical Service Neovia Indonesia, menyatakan bahwa kerja sama ini merupakan nilai tambah yang ingin diberikan Neovia kepada para pelanggannya. “Ini salah satu cara kami engaged, menjalin kedekatan, dengan customer,” ujar Stefani. Melalui kerja sama ini, Neovia ingin memberikan dukungan kepada pelanggan dalam memanfaatkan sourcing opportunity, memastikan consumer loyalty, dan mengoptimalkan performa pakan.
Mekanisme pengiriman sampel yang berasal dari Indonesia maupun wilayah Asia Tenggara lainnya ke laboratorium UpScience di Vietnam yaitu melalui digitalisasi atau dalam bentuk data digital. “Jika diperlukan, pengujian yang tidak dapat di-handle oleh laboratorium kami disini (Vietnam) akan kami kirimkan test tersebut ke laboratorium pusat kami di Prancis sehingga hasilnya pun tetap dapat diandalkan. Jadi kami terintegrasi, local test dengan France test,” ujar Renaud. Pelanggan juga dapat mengakses dan menerima hasil pengujian online dalam waktu penyelesaian singkat dengan akurasi tinggi.
Terbukanya peluang untuk memberikan pelayanan analisis yang bertaraf internasional membuat UpScience yakin mengambil langkah untuk meluaskan jangkauannya ke Indonesia. “Salah satu fokus kami ingin memberikan hasil yang reliable, dengan standar internasional dan keahlian serta pengalaman yang kami miliki,” tegas Renaud.
UpScience juga menyediakan pelayanan secara online bagi pelanggan yang ingin mengajukan pertanyaan melalui situs resmi UpScience. Pengguna dapat membuat akun pribadi terlebih dahulu melalui www.upscience-labs.com untuk mendapatkan berbagai manfaat dari pelayanan online ini.