Dalam rangkaian acara SPACE 2018, penyelenggara juga menyediakan fasilitas tur yang salah satunya berkunjung ke kandang layer cage free (Foto : PI_Adam)
POULTRYINDONESIA, Jakarta – Musim gugur masih berjarak sepasang pekan di wilayah barat laut negara Prancis. Angin yang bersilir-silir membuat terik matahari di musim panas tak begitu menyengat. Udara pun terasa sejuk. Pada sebuah ladang terlihat beberapa petani menggarap tanaman gandum yang mulai menguning. Tak jauh dari sana, tampak belasan ekor sapi perah yang tengah diumbar. Masa pergantian musim tak membuat sektor agrobisnis kehilangan semangatnya. Justru pada momen inilah kegiatan produksi terus dioptimalkan sebelum menghadapi musim dingin di pengujung tahun. Gairah pada sektor agrobisnis pun kian kentara dengan digelarnya SPACE 2018, pameran terkemuka yang sejak berpuluh tahun silam menjadi magnet Kota Rennes.
Rennes yang merupakan pusat pemerintahan region Brittany menjadi kota representatif sebagai tuan rumah SPACE. Begitu banyak orang berbondong-bondong datang setiap tahunnya untuk berburu inovasi terbaru di bidang agrobisnis. Tahun ini saja, sebanyak 108.347 pengunjung menghadiri pameran yang berlangsung pada 11-14 September 2018 itu. Upaya menjamu para pengunjung pun sudah dipersiapkan secara matang oleh organisator. Pada kualitas tempat pameran misalnya, Parc Expo Rennes berdiri megah dan memberikan keleluasaan bagi para pengunjung untuk menjelajahi ragam inovasi.
Arena yang terdiri dari 11 hall dengan luas total 16 hektare mampu menampung 1.410 exhibitor pada tahun ini. Tak heran bila ragam produk mulai dari obat-obatan hewan, pakan ternak, peralatan kandang, teknologi hatchery, inovasi genetik, ragam hewan ternak unggulan hinggaalat dan mesin pertanian berukuran super besar mampu tersajisecara apik dan nyaman dipandang.
SPACE menjadi daya tarik yang begitu populer bagi para pegiat agrobisnis lokal maupun internasional. Hadirnya ribuan delegasi dari 121 negara pada edisi pameran ke-32 ini menjadi bukti bahwa SPACE bukan hanya digandrungi oleh masyarakat Rennes. Oleh karenanya, selain kualitas lokasi pameran, kemudahan akses transportasi juga menjadi perhatian serius bagi organisator dan pemerintah setempat. Para pengunjung tidak akan kesulitan menjangkau Parc Expo. Lazimnya, orang-orang yang berasal dari luar Kota Rennes, semisal Paris, menggunakan kereta cepat yang mengarah langsung ke stasiun Rennes. Dari sana para pengunjung bisa memanfaatkan kendaraan antar jemput menuju lokasi pameran.
Fasilitas itu juga tersedia di pusat kota dan bandara Rennes bagi para pengunjung yang tidak menggunakan moda transportasi kereta cepat. Taksi pun tersedia dan siap mengantar para pengunjung ke berbagai destinasi. Pemerintah setempat menyadari betul bahwa SPACE menjadi agenda tahunan yang sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi, terutama sektor agrobisnis. Oleh karenanya, dari tahun ke tahun, fasilitas yang ditawarkan oleh Kota Rennes dalam menyambut para pengunjung SPACE semakin lengkap.
Saat ini stasiun Rennes sedang dalam proses perluasan dan penambahan beberapa fasilitas demi kenyamanan pengunjung. Selain itu, tempat-tempat penginapan dan restoran juga kian mudah dijumpai di sekitaran Parc Expo yang memang terletak cukup jauh dari pusat Kota Rennes. Langkah organisator dan pemerintah ini merupakan upaya kolaboratif demi terwujudnya cita-cita bersama, yakni menyebarkan seluas-luasnya informasi tentang kualitas sumber daya manusia dan alam Brittany ke berbagai belahan dunia.
Artikel ini adalah kutipan dari artikel lengkap yang telah dimuat di Majalah Poultry Indonesia Edisi November 2018 di halaman 80  dengan judul “SPACE 2018 Merawat Tradisi, Tumbuh Pesat dalam Sinergi”. Untuk berlangganan atau informasi lebih lanjut silahkan mengirim email ke: sirkulasi@poultryindonesia.com atau hubungi 021-62318153