NutriOpt On-site Adviser. Foto: Trouw Nutrition
POULTRY INDONESIA, Belanda – Teknologi yang semakin berkembang pesat saat ini, salah satunya menuntut industri peternakan untuk menciptakan inovasi. Salah satu perusahaan global di industri nutrisi hewan, yakni Trouw Nutrition meluncurkan teknologi inovatif terbarunya yang dinamakan NutriOpt On-site Adviser. Peluncuran teknologi yang merupakan hasil kerja sama Trouw dengan AgroCares ini dilakukan secara global, di berbagai negara.
“Kami sangat senang mengumumkan peluncuran teknologi terbaru dari kami untuk menjadi solusi bagi nutrisi hewan. Kami berpikir ini akan sangat bermanfaat untuk para peternak, para profesional di industri peternakan dan industri pakan. Memahami apa yang ada di dalam pakan memungkinkan kita untuk bisa mengoptimalkan produksi untuk menciptakan konsistensi dan performa yang lebih baik,” ungkap Andre Brand, Director of NutriOpt, melalui siaran persnya (4/10).
Baca juga : Kemeriahan VIV China 2018
Andre melanjutkan, teknologi yang dikembangkan oleh Trouw ini memudahkan peternak maupun produsen pakan dalam melakukan pengendalian produksi secara lebih baik. “Tujuan kami ingin membantu meningkatkan strategi pemberian pakan, sehingga para pelaku usaha di industri peternakan dan pakan dapat mencapai tujuan bisnis mereka,” imbuhnya.
NutriOpt On-site Adviser merupakan alat yang sangat mobile sehingga dapat digunakan dimanapun dan memberikan data secara real-time. NutriOpt On-site Adviser menggabungkan teknologi NIR dengan NutriOpt’s Nutritional Database. Data pakan yang telah dipindai akan dihubungkan ke database nutrisi milik NutriOpt yang menyajikan data kondisi market bahan baku saat ini, sesuai dengan pengalaman Trouw dalam hal pemenuhan gizi hewan. Selanjutnya, laporan lengkap akan langsung dikirimkan ke smartphone pengguna yang menunjukkan apakah pakan telah memenuhi standar kualitas optimal bagi unggas, ruminansia, atau swine. Informasi ini memungkinkan peternak maupun produsen pakan untuk memutuskan bagaimana mengoptimalkan formula pakan mereka dengan lebih mudah dan cepat.
Andre juga menegaskan, Trouw Nutrition akan terus mendorong pengembangan teknologi ini lebih jauh dalam beberapa bulan mendatang.