Mentan upayakan agar generasi milenial terjun dan ikut berpartisipasi dalam pembangunan pertanian
POULTRYINDONESIA, Jakarta – Jumlah petani milenial setiap tahun semakin meningkat. Bahkan, sampai dengan saat ini tercatat ada 400 ribu petani yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Andi Amran Sulaiman selaku Menteri Pertanian pada saat pembukaan Rapat Kerja Nasional Pembangunan Pertanian 2019 di Hotel Bidakara Jakarta, Senin (14/01).
Dalam kesempatan tersebut, Amran mengungkapkan bahwa target peningkatan jumlah petani milenial pada tahun ini bisa mencapai 1 juta orang. “Mereka mulai tertarik karena ada transformasi dari pertanian tradisional menuju ke modern. Hal itu berdampak pada minatnya generasi milenial untuk mau bertani,” ungkapnya.
Masih menurut Amran, rata-rata petani milenial yang ada saat ini merupakan lulusan SMA dan sarjana. “Pada dasarnya kami terus dorong mereka untuk mau terjun sebagai petani. Masalah pendidikan hanya lulusan SD, SMP, SMA, bahkan Perguruan Tinggi itu tidak jadi masalah, yang penting mau kerja, kerja, dan kerja,” tuturnya. Farid.