Peletakan batu pertama pembangunan pabrik flexible packaging PT Charoen Pokphand Indonesia (24/8).
POULTRY INDONESIA, Cikande – Bertempat di Kawasan Industri Cikande, Serang, Banten, PT Charoen Pokphand Indonesia (CPI) mengadakan acara peletakan batu pertama untuk pembangunan pabrik flexible packaging. Menempati area seluas 2,9 hektar, pabrik baru yang berada pada wilayah administrasi Desa Babakan, Kecamatan Bandung, Provinsi Banten tersebut diharapkan bisa selesai dalam waktu kurang lebih sepuluh bulan.
Dalam kesempatan itu, melalui Komisaris Independen PT Charoen Pokphand Indonesia, Suparman Sastrodimedjo, mengatakan bahwa pendirian pabrik baru tersebut dimaksudkan untuk pengembangan usaha PT CPI. Menurutnya, untuk mengatasi permintaan pengemasan pada industri pangan maupun non pangan, dibutuhkan sistem pengemasan yang memenuhi standar keamanan pangan.
“Pembangunan pabrik yang akan kita mulai ini untuk mengantisipasi kebutuhan internal perusahaan Charoen Pokphand maupun untuk memenuhi kebutuhan perusahaan eksternal. Selain itu, dengan berdirinya pabrik di Kawasan Cikande ini juga bisa membuka lapangan kerja baru bagi penduduk sekitar nantinya,” ujarnya saat memberikan sambutan di Kawasan Industri Cikande, Jumat (24/8).
Baca juga : Cara Mewujudkan Mekanisasi melalui Pendanaan Perbankan
Drs. Subur Prianto, M.Si selaku Camat Kecamatan Bandung yang juga hadir dalam acara tersebut, mengatakan bahwa pihak pemerintah Kecamatan Bandung mendukung dengan adanya pendirian pabrik baru tersebut. Menurutnya, wilayah Desa Babakan merupakan tempat yang sudah biasa dengan adanya pendirian pabrik-pabrik industri sehingga tidak perlu dikhawatirkan mengenai permasalahan sosial.
“Kalau warga sini sudah akrab dengan pabrik, saya hanya berharap hadirnya pabrik baru ini bisa menyerap tenaga kerja lokal. Namun, bagaimanapun yang namanya industri mempunyai spesifikasi khusus seperti tenaga ahli. Warga sekitar yang nanti ingin bekerja di sini juga harus bisa memahami, kalau yang kualifikasinya sesuai silakan mendaftar,” ucapnya yang disambut hangat oleh warga sekitar yang hadir dalam acara peletakan batu pertama.