Daging ayam merupakan salah satu sumber protein yang memiliki kandungan gizi tinggi dengan harga yang murah
POULTRYINDONESIA, Jakarta – Ayam merupakan salah satu lauk-pauk hewani yang banyak ditemui di sekitar kita. Kandungan gizi yang tinggi, rasanya yang enak serta harga yang terjangkau membuat daging ayam banyak diminati masyarakat Indonesia. Selain itu, daging ayam mudah sekali diolah menjadi berbagai menu olahan. Kalangan anak-anak hingga dewasa banyak yang menyukai ayam sebagai teman makan.  Tidak hanya untuk memenuhi rasa lapar, daging ayam ternyata juga memiliki segudang manfaat bagi tubuh manusia.
Menurut United States Department of Agriculture, dalam 100 gram daging ayam, terkandung sejumlah 98 kkal, 20.54 gram protein, dan 1.34 gram lemak total. Jumlah protein daging ayam tersebut tergolong tinggi dan sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Protein yang terdapat pada daging ayam terdiri atas tiga bagian yakni protein gabungan dari aktin dan myosin yang disebut aktinmiosin dan terdapat pada myofibril, lalu protein albumin dan globulin yang terdapat pada sarkoplasma serta protein yang terdapat pada jaringan ikat yakni kolagen dan elastin. Secara umum, protein bermanfaat sebagai pembangun tubuh.
Baca Juga : Daging Ayam Terbukti Mampu Menurunkan Tingkat Stress
Menurut Marangoni et al tahun 2015 dalam Nutrition Food and Nutrition Research, daging ayam yang tinggi akan asam amino esensial lisin, histidin, dan arginine ini sangat berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan. Asam amino esensial ini tidak dapat dihasilkan oleh tubuh manusia sendiri sehingga daging ayam menjadi sumber yang paling baik. Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa protein tinggi yang didapatkan dari pangan tinggi protein seperti daging ayam tanpa kulit ini mampu mendukung produksi hormon pertumbuhan yang dapat mendukung pertumbuhan tinggi badan terutama pada anak-anak.
Daging ayam diketahui memiliki kandungan kalsium, fosfor dan zat besi yang cukup baik. Kalsium merupakan mineral yang paling banyak terdapat di dalam tubuh. Setiap harinya, kalsium dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, rambut dan kuku. Kurangnya kandungan kalsium dalam jangka waktu yang lama dapat mengakibatkan osteoporosis atau keroposnya tulang. Oleh karena itu, kalsium harus dipenuhi dengan baik salah satunya dengan cara mengonsumsi daging ayam tanpa kulit sesuai kebutuhan. Fosfor pada daging ayam juga mampu menunjang kepadatan tulang. Fosfor juga berkontribusi dalam penyerapan kalsium di dalam tubuh.
Artikel ini adalah ringkasan dari artikel lengkap yang telah dimuat di Majalah Poultry Indonesia Edisi Mei 2019 dengan judul Daging Ayam untuk Menjaga Pertumbuhan dan Kesehatan. Untuk berlangganan atau informasi lebih lanjut silahkan mengirim email ke: sirkulasi@poultryindonesia.com atau hubungi 021-62318153