Salah satu pemenang, Alice Crook (kiri), menerima penghargaan atas perannya dalam mendukung kesejahteraan hewan melalui penelitian dan edukasi di Sir James Dunn Animal Welfare Centre, Atlantic Vet College, Kanada. (Foto: Ceva Santé Animale)
POULTRY INDONESIA, Jakarta Penyelenggaraan 34th World Veterinary Congress di Barcelona menjadi kesempatan bagi World Veterinary Association (WVA) untuk menunjukkan komitmennya dalam mempromosikan pentingnya kesejahteraan hewan (animal welfare) kepada dunia melalui WFA Animal Welfare Awards.
Tahun ini, WFA Animal Welfare Awards digelar pada 7 Mei 2018 dan merupakan penyelenggaraan yang kedua kalinya. Melalui ajang tersebut, WVA dan Ceva Santé Animale memberikan penghargaan kepada 5 veterinarian atas pekerjaan dan komitmen mereka dalam melindungi dan mendukung praktik kesejahteraan hewan. Lima veterinarian yang terpilih menjadi pemenang, yaitu Prof. Adroaldo José Zanella DVM dari Brasil, Alice Crook BSc. DVM dari Kanada, Zhijuan Yin DVM dari China, Mactar Seck MSc. DVM dari Senegal, dan Prof. Charlotte (Lotta) Berg DVM dari Swedia.
Baca juga : UGM Melantik Insinyur Peternakan Angkatan Pertama
Masing-masing penerima penghargaan ini memiliki peran penting dalam hal meningkatkan kesejahteraan hewan. Misalnya, penerima penghargaan dari Kanada dan Swedia yang memiliki peran dalam penelitian, advokasi dan edukasi kepada otoritas kesehatan publik, politisi, media, serta masyarakat dalam menerapkan standar yang tinggi terhadap kesejahteran hewan.
WVA dan Ceva Santé Animale akan kembali menyelenggarakan WFA Animal Welfare Awards pada tahun mendatang yang rencananya berlangsung selama WVAC 2019 di Costa Rica.