Sumatera Utara merupakan jantung dari budidaya unggas di Pulau Sumatera
POULTRY INDONESIA, Jakarta – Sumatra Utara merupakan wilayah yang sangat strategis untuk mengadu bisnis. Wilayahnya yang dekat dengan jalur perdagangan laut di Selat Malaka, menjadikannya sebagai pusat perdagangan internasional di kawasan Asia sejak ratusan tahun silam. Sebagai jalur perdagangan laut yang utama di wilayah Asia Timur dan Tenggara, tak pelak jika produk-produk niaga dari wilayah Kekaisaran China maupun Jepang di masa silam, akan melintasi wilayah ini untuk menuju Timur Tengah hingga Eropa.
Selain letak geografisnya yang sangat strategis, Sumatra Utara juga merupakan “jantung” untuk Indonesia bagian pulau Sumatra. Dengan adanya Pelabuhan Belawan yang merupakan pelabuhan terpenting di Pulau Sumatra, hal ini memperlancar proses keluar masuknya barang dan jasa yang akan berimbas pada tumbuhnya sektor industri. Sumatra Utara juga mempunyai potensi pasar yang besar. Menurut data yang ada, menyebutkan bahwa jumlah penduduk Sumatra Utara merupakan yang terbesar ke-4 di Indonesia dengan jumlah penduduk sebesar 14,1 juta jiwa.
Baca Juga : Terbentuk, Asosiasi Peternak Ayam Indonesia (APAI)
Menariknya, beberapa industri dari hulu hingga hilir pada sektor perunggasan dapat ditemui di Sumatra Utara. Artinya, secara kemandirian, Sumatra Utara tidak selalu bergantung pada kondisi usaha yang ada di Pulau Jawa dan lainnya. Hal tersebut juga tentu menjadi mata pencaharian bagi penduduk lokal setempat sehingga tidak perlu lagi merantau ke Pulau Jawa untuk mencari penghidupan.
Tumbuhnya industri perunggasan yang ada di Sumatra Utara tidak hanya didukung oleh faktor geografis dan potensi pasar yang juga besar, namun dari warisan budaya masyarakat setempat yang memang sejak ratusan tahun silam terbiasa melakukan aktivitas dagang. Tak pelak jika berkunjung ke Medan, akan banyak dijumpai penduduk dari berbagai ragam etnis seperti Batak, Jawa, Melayu, India, dan Tionghoa. Domi, Adam, Farid
Artikel ini adalah ringkasan dari artikel lengkap yang telah dimuat di Majalah Poultry Indonesia Edisi Mei 2018 di halaman 26 dengan judul “Kondisi Terkini Perunggasan Sumatera Utara. Untuk berlangganan atau informasi lebih lanjut silahkan mengirim email ke: sirkulasi@poultryindonesia.com atau hubungi 021-62318153