Masyarakat khawatir akan isu telur palsu
POULTRY INDONESIA – Merebaknya isu telur ayam palsu yang beredar di masyarakat ditanggapi oleh berbagai kalangan. Dalam keterangannya, dosen Fakultas Kedokteran Hewan IPB, Dr. drh. Deny Widaya Lukman mengatakan bahwa sampai detik ini belum ada teknologi manusia yang dapat membuat kulit telur ayam dan isinya. “Informasi mengenai telur palsu yang beredar di masyarakat jelas itu tidak benar, menyesatkan, dan fitnah,” tuturnya.
Dalam video viral yang beredar di media sosial melihatkan bahwa ada plastik di bagian dalam kulit telur. Padahal menurut Deny, itu bukan plastik melainkan membran kulit telur yang melindungi isi telur. “Jadi di dalam telur itu ada dua lapis membran, bagian luar kontak dengan kulit telur dan bagian dalam yang kontak dengan putih telur,” jelas Deny.
Senada dengan Deny Widaya, Agung Perdana yang merupakan peternak telur ayam ras merasa terganggu dengan munculnya isu telur ayam palsu. Menurutnya isu ini harus segera diluruskan dan diklarifikasi. “Masa telur asli dibilang telur palstik, ini cukup meresahkan bagi kami para produsen telur ayam,” ujar Agung. Tak berbeda jauh, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, I Ketut Diarmita saat menanggapi merebaknya isu telur ayam palsu, dia dengan tegas menjelaskan bahwa tidak ada telur palsu. “Hanya isu itu, tidak ada telur ayam palsu di pasaran,” tukasnya.