Mengedukasi peternak dengan kolaborasi antara sektor swasta dan akademisi.
POULTRY INDONESIA, Tangerang – Memasuki Era perunggasan tanpa AGP, memang harus dilakukan dengan beberapa kiat dan persiapan khusus agar tidak mempengaruhi produktivitas ternak yang dibudidayakan. Maka, edukasi peternak mengenai solusi yang aplikatif untuk menghadapi era tanpa AGP, merupakan salah satu kunci untuk menghindari penurunan produksi.
Maka dari itu, PT Novindo Agritech Hutama dan Addcon memberikan edukasi bagi para peternak dalam menghadapi era perunggasan tanpa AGP. Bertempat di Serpong Tangerang Selatan (3/16), PT Novindo Agritech Hutama dan Addcon menyelenggarakan seminar yang bertajuk “Feed Hygiene for Better Animal Performance in Non AGP Era”.
Menurut pemaparan Budi Tangendjadja selaku peneliti dari Balai Penelitian Ternak Ciawi Bogor menyatakan bahwa penyakit harus dilawan dengan cara memutus siklus kehidupan penyakit tersebut. “Salah satu prinsip melawan penyakit adalah dengan memotong siklus kehidupan penyakit tersebut dengan cara melakukan sanitasi dan kosong kandang dengan cara yang benar,” ujar Budi.
Selain itu juga Budi menyoroti tentang kesulitan para peternak dalam berbudi daya, salah satunya yaitu dalam penyediaan air bersih. “Ada berbagai macam kesulitan para peternak di lapangan, salah satunya yaitu sulitnya menyediakan air besrsih untuk minum ternak. Pastinya akan mengganggu produksi ternak,” papar Budi.