Protein merupakan salah satu bahan penting pembentuk tubuh makhluk hidup
POULTRYINDONESIA, Jakarta – Produk protein hewani seperti daging ayam dan telur menjadi sumber bahan makanan yang sangat baik bagi tumbuh kembang seorang anak karena kandungan zat gizi yang tinggi terutama kandungan asam aminonya yang lengkap. Protein hewani sebaiknya selalu ada dalam setiap hidangan Protein hewani memiliki kelebihan dibandingkan dengan protein nabati, antara lain kandungan asam aminonya yang lengkap sehari-hari anak Indonesia.
Hal itu disampaikan ahli gizi dari IPB Prof Dr Ali Khomsan dalam sebuah diskusi tentang gizi dan kesehatan di Bogor, kamis (25/10). Tidak hanya itu, kelebihan protein hewani adalah daya cernanya yang jauh lebih baik dibanding sumber protein dari tumbuhan, sehingga lebih mudah diserap oleh sistem pencernaan tubuh seorang anak, sehingga dapat lebih mudah termanfaatkan.
Baca Juga : Daging Ayam Cocok Untuk Sumber Protein Bagi Atlet
Protein hewani merupakan bagian penting dalam komposisi gizi seimbang yang sangat dianjurkan untuk menjaga seorang anak tumbuh secara normal dan sehat, terhindar dari gizi buruk, gizi kurang dan stunting. “Gizi seimbang adalah susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh seseorang,” kata Khomsan. Ia menambahkan, kelebihan lain dari protein hewani adalah adanya kandungan zat gizi mikro, yakni mineral berupa seng (zn) dan besi (fe) yang terdapat di dalamnya, yang sangat dibutuhkan tubuh seorang anak untuk membentuk dan mengembangkan sel-sel tubuhnya, terutama sel otak pembentuk kecerdasan.
Khomsan menandaskan, dalam pola hidangan dengan gizi seimbang terdapat empat pilar utama, yakni konsumsi pangan yang beragam, perilaku hidup sehat, rutin melakukan aktifitas fisik atau olah raga, dan senantiasa menjaga berat badan pada posisi normal.
Artikel ini adalah artikel lengkap yang telah dimuat di Majalah Poultry Indonesia Edisi November 2018 di halaman 52 dengan judul “Protein Hewani Penting Bagi Tumbuh Kembang Anak”. Untuk berlangganan atau informasi lebih lanjut silahkan mengirim email ke: sirkulasi@poultryindonesia.com atau hubungi 021-62318153