Selain memiliki rasa yang lezat, telur puyuh juga kaya akan zat bergizi (Foto : www.resepkoki.id)
POULTRY INDONESIA, Jakarta – Pengunjung bisa menikmati suasana malam kota Yogyakarta ditemani berbagai makanan camilan yang disajikan di angkringan tersebut. Dari sekian banyak menu yang ditawarkan, sate telur puyuh adalah satu yang tak boleh terlewatkan. Sate ini memiliki ciri khas dari segi pembuatannya yang berbeda dengan sate pada umumnya. Bila sate daging seperti sate kambing dan ayam dibuat dengan cara dipanggang, sate telur puyuh justru dibuat dengan cara direbus dan diberi bumbu sedemikian rupa. Sate ini digemari oleh berbagai kalangan usia, dan menjadi menu wajib ketika menikmati wisata kuliner di Yogyakarta.

Ketika mendengar nama Yogyakarta, sebagian orang mungkin akan mengenang nuansa khas kuliner wisata. Salah satu tempat favorit untuk menikmati cita rasa hidangan Yogyakarta adalah angkringan dengan ragam menunya yang menarik.

Selain cara membuatnya yang mudah dan cita rasa yang lezat, telur puyuh memiliki banyak manfaat yang penting bagi kesehatan tubuh. Menurut lansiran carakhasiatmanfaat.com, telur puyuh memiliki kandungan protein yang lebih banyak daripada telur ayam. Di dalam telur puyuh juga memiliki kandungan vitamin B1 yang hampir tiga kali lipat dari telur ayam serta vitamin A dan B2 sejumlah dua kali lipat lebih banyak dari telur ayam. Kandungan mineral seperti zat besi dan potasium juga adalah di dalam telur puyuh. Tak paling penting, telur puyuh tidak mengandung kolesterol jahat, aman bagi penderita asam urat, dan bisa meningkatkan kekebalan tubuh.
Jika belum sempat bertandang ke Yogyakarta, tentunya kita bisa membuat makanan tersebut di rumah. Dengan cara membuat yang sangat gampang, sate telur puyuh ini bisa dengan mudah kita sajikan kepada keluarga di rumah. Berdasarkan petunjuk dari laman resepdanmasakan.com, Poultry Kuliner kali ini akan menyajikan betapa mudahnya membuat Sate Telur Puyuh ala Angkringan Yogyakarta. Selamat Mencoba. Chusnul
 
Bahan-bahan:
  • Telur Puyuh 20 butir atau sesuai selera
  • Kecap manis 3 sendok makan atau sesuai selera
  • Gula merah 3 sendok makan
  • Lengkuas 3 cm
  • Daun salam 2 lembar
Bumbu yang dihaluskan:
  • Ketumbar ½ sendok teh
  • Bawang putih 3 butir
  • Bawang merah 4 butir
  • Garam halus secukupnya
  • Air putih bersih 2 gelas
Cara Membuat Sate Telur Puyuh:
  1. Rebus telur puyuh, kemudian kupas sampai bersih
  1. Campurkan semua bumbu yang dihaluskan ke dalam panci berisi telur puyuh
  2. Masukkan gula merah, lengkuas, daun salam, kecap manis dan air ke dalam panci
  3. Rebus semua bahan dan bumbu yang sudah dicampur dalam panci hingga airnya menyusut
  4. Keluarkan telur puyuhnya lalu ditusuk-tusuk dengan tusuk sate
  5. Sate telur puyuh siap dinikmati.