Kebutuhan tenaga kerja yang terampil di bidang peternakan semakin mendesak
POULTRYINDONESIA, Jakarta – Saat ini dan di masa masa yang akan datang, industri peternakan akan semakin berkembang karena pertambahan jumlah penduduk dan kesadaran kebutuhan gizi yang tinggi untuk pangan. Peternakan sebagai penghasil pangan berkualitas seperti daging, susu, dan telur sudah dan akan terus menjadi kebutuhan pangan pokok penduduk dunia termasuk Indonesia. Sehubungan dengan hal tersebut maka kebutuhan tenaga kerjaterampil bidang peternakan khususnya tenaga kerja menengah lulusan SMK menjadi semakin mendesak.
“Kami mendorong lahirnya SMK yang membuka prodi peternakan. Pendirian SMK Sumber Bungur Pakong Pamekasan menjadi SMK satu-satunya dan yang pertama yang membuka prodi peternakan,” kata Guru Besar Fakultas Peternakan UGM Prof Dr. Ali Agus seusai memberikan kuliah umum dalam rangka peresmian SMK Sumber Bungur, Pakong, Pamekasan Madura (23/8). Acara dihadiri oleh Bupati Pamekasan terpilih, Badrut Tamam. Ia menambahkan, Madura memiliki potensi peternakan yang luar biasa besar yang perlu didukung ketersediaan SDM peternakan yang memadai. “Kami membantu membidani dan akan mengawal SMK tersebut agar benar-benar kehadirannya memberikan menfaat bagi masyarakat Madura,” katanya.
Baca Juga : Wajah SDM Perunggasan Tanah Air
Lulusan dari SMK tersebut akan sangat diperlukan oleh masyarakat khususnya masyakarat peternak di Madura, yang sangat dikenal dengan ternak sapi maduranya, demikian pula kuliner bebeknya sangat tersohor. “Lulusan SMK disamping diharapkan bisa terampil dalam bekerja, juga bisa menjadi peternak dan wirausaha peternakan,” tukas Ali Agus. Ia menambahkan, agar menghasilkan lulusan yang handal cerdas terampil dan berkarakter, maka peran guru juga sangat penting. Maka para guru akan dibekali pengetahuan keterampilan dan pengalaman pembelajaran yang relevan. Fakultas Peternakan UGM akan membantu membimbing para guru dalam hal ini. “Kami juga akan bantu SMK dan para guru untuk akses ke dunia industri peternakan sehingga akan menambah jejaring di dunia usaha dan dunia industri peternakan, yang akan memberikan pula kesempataan para siswa untuk belajar praktek kerja,” kata Ali Agus.
Artikel ini adalah kutipan dari artikel lengkap yang telah dimuat di Majalah Poultry Indonesia Edisi September 2018 di halaman 42 dengan judul “Tenaga Terampil Bidang Peternakan Sangat Dibutuhkan”. Untuk berlangganan atau informasi lebih lanjut silahkan mengirim email ke: sirkulasi@poultryindonesia.com atau hubungi 021-62318153