Seminar Nasional Pinsar Indonesia terselenggara sebagai bentuk kepedulian Pinsar terhadap dunia peternakan di Indonesia
POULTRYINDONESIA, Tangerang Selatan – Bertempat di Hotel Grand Zuri, Tangerang Selatan, Sabtu (21/9), Seminar Nasional Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (PINSAR Indonesia) yang dihadiri Wakil Presiden Republik Indonesia terpilih, Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin berlangsung dengan khidmat.
Dalam sambutannya, KH. Ma’ruf Amin mendorong para peternak ayam untuk bekerja sama satu sama lain dalam wadah koperasi. Menurutnya, koperasi akan jauh lebih kuat daripada sekadar korporasi biasa.
“Kita bisa belajar dari Eropa, di mana di Eropa itu koperasi mampu menjadi sebuah usaha dengan skala yang besar,” ucap pria yang pernah menjabat sebagai Rais ‘Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama ini.
KH. Ma’ruf Amin juga menambahkan, dalam aspek struktural, campur tangan pemerintah juga diperlukan agar iklim usaha perunggasan menjadi lebih baik. “Tentunya saya berharap peternak bisa terus hidup dan berkembang, para stakeholder perunggasan juga bisa tumbuh,” harapnya.
Menaggapi itu, Wakil Sekretaris Jenderal PINSAR Indonesia, Samhadi, dalam keterangannya menyebutkan bahwa adanya kerja sama antara Koperasi Pinsar Unggas dengan Koperasi Akar Usaha Rakyat Terpadu Indonesia (Akurat) yang ditandatangani pada hari ini, diharapkan akan menjadi sebuah usaha perbaikan dalam tata niaga perunggasan.
“Selama ini harga jual ayam maupun telur ayam ras seringkali jatuh, semoga melalui kerja sama dengan Koperasi Akurat yang notabene memiliki jaringan pedagang di pasar, akan memotong rantai distribusi yang selama ini terlalu panjang,” ujar Samhadi.
Sekadar informasi, Seminar Nasional yang merupakan rangkaian acara dari Musyawarah Nasional ke-5 PINSAR Indonesia ini secara bulat telah memilih Ketua Umum periode sebelumnya, Singgih Januratmoko, untuk kembali memimpin organisasi. Singgih terpilih pada hari sebelumnya, Jum’at (20/9). Farid